Wednesday, February 15, 2017

Cara Mudah Masuk Recovery Mode, Fastboot Mode dan Hard Reset Xiaomi Mi4C

Cara Mudah Masuk Recovery Mode, Fastboot Mode dan Hard Reset Xiaomi Mi4C - Xiaomi Mi4c merupakan smartphone kelas menengah dari Xiaomi yang sudah menggunakan Frame metal. Xiaomi Mi4c sangat cocok sekali buat kamu yang suka berfoto ria, hal ini terbukti dengan ditanamkanya kamera dengan resolusi tinggi dan Dual Led. Tidak cuma disitu saja Xiaomi Mi4c juga menawakan spesifikasi kunci diantaranya : layar IPS 5.0 inch HD 1080p, kamera utama 13 MP, kamera depan 5 MP, RAM 2 GB dan baterai besar 3120 mAh.

Sebagai pengguna ponsel Xiaomi Mi4c yang kini sedang menjadi primadona banyak fans Mi, tentunya perlu dibekali dengan panduan dasar bagaimana melakukan hal-hal mendasar pada ponsel tersebut. Hal ini perlu diketahui sebagai langkah awal apabila mengalami kendala teknis, bootloop akibat upgrade atau akan melakukan reset karena akan menjual ponsel Mi4c-nya ke orang lain.
Panduan dasar ini cukup mudah dilakukan dan tentunya sangat perlu dimengerti untuk menunjang product knowledge akan ponsel Xiaomi Mi4c terlebih bagia kita yang baru kali pertama menggunakan ponsel keluaran Xiaomi terutama Mi4c.

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi Mi4c
Recovery sangat berguna jika kita ingin melakukan update package dengan file update.zip bahkan untuk proses upgrade firmware atau ROM bawaan dari Xiaomi, akan dilakukan flashing secara otomatis menggunakan fasilitas mode recovery. Lalu bagaimana cara masuk ke recovery mode Mi4c?;
  • Langkah pertama adalah dengan mematikan ponsel Mi4c
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol power kurang lebih selama 10 detik
  • Ketika logo Mi muncul, lepaskan tombol power saja sedangkan untuk tombol Volume Up tetap ditekan hingga menu recovery muncul
  • Pilih “English” menggunakan tombol Volume lalu tekan tombol Power sebagai pengganti enter untuk konfirmasinya

Cara Mudah Masuk Recovery Mode, Fastboot Mode dan Hard Reset Xiaomi Mi4C

Cara Masuk Fastboot Mode di Ponsel Mi4c
Fastboot mode sering digunakan apabila ingin melakukan flashing ulang secara bersih alias layaknya baru keluar dari pabrik. Untuk melakukan flashing menggunakan fastboot mode harus menggunakan versi ROM fastboot yang biasanya menggunakan ekstensi file tgz, dan perlu MiFlash tool untuk melakukan flashing ke ponsel. Lalu bagaimana cara masuk ke mode fastboot pada Mi4c?, ternyata cukup mudah dengan cara sebagai berikut
  • langkah pertama adalah dengan mematikan ponsel Mi4c
  • Kemudian dalam posisi ponsel mati, tekan dan tahan tombol Volume Down + tombol Power selama kurang lebih 10 detik
  • Lepas semua tombol saat mode Fastboot muncul yang ditandai dengan logo fasboot MIUI yang cukup unik
Cara Melakukan Hard Reset Xiaomi Mi4c
Hard Reset digunakan untuk menghapus semua data di ponsel, data yang terhapus adalah data yang ada di internal storage ponsel. Dikarenakan ponsel Xiaomi Mi4c tidak mempunya slot microSD yang artinya semua data ada di internal storage, maka kita harus sangat berhati-hati saat melakukan hard reset. Dengan kata lain, jika kita lakukan hal ini, maka semua data akan hilang. Jadi lakukan backup data sebelum hard reset dilakukan.
Hard Reset di Xiaomi Mi4c cukup mudah yaitu dengan cara masuk ke menu recovery seperti di atas lalu masuk kemenu wipe dan reset. Untuk lebih jelasnya kita simak tutorial hard reset Mi4c di bawah ini;
  • Pertama-tama masuk ke menu recovery seperti di atas
  • Pilih Wipe & Reset, lakukan konfirmasi dengan tombol Power
  • Kemudian pilih Wipe all data, dan lakukan konfirmasi dengan tombol Power
  • Pilih Yes, lalu konfirmasi kembali dengan menkan tombol Power
Kini ponsel akan tereset seperti kali pertama ponsel keluar dari pabrik Xiaomi. Hard Reset ini juga berguna saat kita ingin menjual ponsel Mi4c atau sebagai solusi awal jika ditemukan kendala lelet ketika ponsel Mi4c digunakan. Sekali lagi, pastikan data penting sudah ter-backup dengan baik karena data tidak akan bisa diambil kembali jika hard reset telah dilakukan.

Demikian artikel Cara Mudah Masuk Recovery Mode, Fastboot Mode dan Hard Reset Xiaomi Mi4C, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Xiaomi Indonesia.

No comments:

Post a Comment